SAPIAH. Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Dengan Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Tesis ini bertujuan untuk mempelajari, meneliti, mengkaji dan mengungkap tentang hubungan antara kepemimpinan dan budaya organisasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif dan tergolong ke dalam tipe penelitian survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah guru berstatus PNS yang mengajar di 20 Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara yang berjumlah 127 orang. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 96 orang dan sampel ujicoba sebanyak 30 orang dengan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara proporsional (proporsional random sampling) Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen (kuesioner) dengan pengukuran berdasarkan skala Likert. Pengujian kuesioner dilakukan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan meliputi demografi responden, deskripsi data, pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dan regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru. Dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,662 dan koefisien determinan sebesar 0,438, sehingga kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 43,8%. (2) Terdapat hubungan positif antara budaya organisasi dengan disiplin kerja guru. Dengan koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,648 dan koefisien determinan sebesar 0,419, sehingga kontribusi variabel budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru sebesar 41,9%. (3) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Dengan koefisien korelasi ganda (ry.12) sebesar 0,747 sehingga koefisien determinannya 0,559. Hal ini menunjukkan kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru sebesar 55,9%.
|