SRI KISDARYATI. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Mutu Pelayanan pada Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Subang. Tesis. Jakarta. Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, April 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap mutu pelayanan pada Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Subang. Populasi penelitian ini sebanyak 155 guru yang mengajar di delapan Sekolah Luar Biasa, sehingga sampel penelitian dengan menggunakan rumus Slovin menjadi 112orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument yang berbentuk angket dengan metode survei, data dikumpulkan melalui tiga instrument dengan menggunakan skala Likert. Instrumen divalidasi dengan uji validitas butir dan koefisien reliabilitas. Validitas butir dihitung dengan korelasi Product moment sedangkan koefisien reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas populasi (Liliefors). Analisis data digunakan teknik korelasi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kepemimpinan kepala sekolah (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan (X3) dengan persamaan regresi 3 1 X 12,122 0,915 X Ù = + , koefisien korelasi 0,723 dan koefisien jalur 0,635. Artinya semakin bermutu kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin bermutu pula pelayanan pendidikan.(2) iklim organisasi (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan (X3) dengan persamaan regresi 3 2 X 45,411 0,685X Ù = + , koefisien korelasi 0,540 dan koefisien jalur 0,408. Artinya semakin bermutu iklim organisasi, maka semakin bermutu pula pelayanan pendidikan, dan (3) kepemimpinan kepala sekolah (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap iklim organisasi (X2) dengan persamaan regresi 2 1 X 90,776 0,452 X Ù = + , koefisien korelasi 0,216 dan koefisien jalur 0,216. Artinya semakin proporsional kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin bermutu pula iklim organisasi Hasil penelitian tersebut memberi implikasi bahwa mutu pelayanan dapat ditingkatkan dengan memperbaiki kualitas dan keterampilan kepala sekolah. Kepala Sekolah menggunakan kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi sekolah serta guruguru yang ada di dalam unit. Mengoptimalkan hubungan antar personal di dalam organisasi atau sekolah, sehingga dengan hubungan yang harmonis tersebut dapat mewujudkan iklim organisasi sekolah yang mendukung terhadap keberhasilan proses belajar mengajar dan pencapaian tujuan pendidikan.
|