Siti Suarsah, Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Iklim Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Rayon Timur Kota Depok.Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Iklim Sekolah (2) hubungan antara Profesional Guru dengan Iklim Sekolah (3) Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru secara bersama-sama dengan Iklim Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang bertugas di SMP Negeri Rayon Timur Kota Depok 393. Dari jumlah populasi tersebut peneliti mengambil 30 guru sebagai sampel uji coba dan 187 guru sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik random smpling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,terdapat hubungan yang positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah . melalui garis regresi ? = 72,079 + 0,520X1 , regresi ? = 72,079 + 0,520X1, koefesien korelasi (rxy) = 0,604. dengan taraf signifikan 0,05 Kedua, terdapat hubungan positif antara Profesionalitas Guru (X2) dan Iklim Sekolah melalui persamaan regresi ?= 65,855 + 0,547X2, Koefisien korelasi (ry2) =0,631 pada taraf signifikan =0.05, ketiga, terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Iklim Sekolah melalui persamaan garis regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan persaman garis regresi ? = 50,916 + 0,298X1 + 0,362X2, koefisien korelasi (ry1.2)= 0,687, pada taraf signifikan =0.05 Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa makin tinggi/ kuat kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru maka akan semakin tinggi / kuat iklim sekolah.
|