Imas Hujaimah. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Pengambilan Keputusan Partisipatif Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan IV Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Tesis. Jakarta : Sekolah Pasca Sarjana Universitas Prof. Dr. HAMKA, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan pengambilan keputusan partisipatif terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar negeri wilayah binaan IV kecamatan Pulogadung Jakarta Timur, yang seluruhnya berjumlah 148 orang dan tersebar dalam 5 binaan sekolah dasar. Besarnya sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan rumus Slovin sebanyak 91 orang. Pengambilan sampel berdasarkan unit sekolah secara proporsional. Variabel penelitian meliputi keterampilan manajerial kepala sekolah ( X1), pengambilan keputusan partisipatif ( X2) dan implementasi manajemen berbasis sekolah ( X3) kemudian untuk mengumpulkan data menggunakan angket. Hipotesis penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah, (2) ada pengaruh yang signifikan antara pengambilan keputusan partisipatif terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah, (3) ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap pengambilan keputusan partisipatif. Hipotesis 1, 2 dan 3 masing-masing diuji dengan regresif sederhana selanjutnya menggunakan analisis jalur. Kemudian uji kebermaknaan untuk hipotesis 1,2,3 menggunakan uji T serta menggunakan uji F. Hasil yang diperoleh dalam analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh antara keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 0.544, sedangkan pengaruh pengambilan keputusan partisipatif terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 0.605 serta pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap pengambilan keputusan partisipatif sebesar 0.546. Keterampilan manajerial kepala sekolah dan pengambilan keputusan partisipatif terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah saat ini baik dalam skala Nasional atau lokal dari segi kuantitatif maupun kualitatif masih jauh dari harapan, kondisi guru sekolah dasar di wilayah binaan IV kecamatan Pulogadung dari 91 guru yang mewakili keseluruhan populasi yaitu 148 berdasarkan perhitungan melalui rumus Slovin diperoleh hasil rata-rata keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 29.6 %, ini menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah memerlukan peningkatan kualitas. Sedangkan hasil rata-rata yang diperoleh dari variabel pengambilan keputusan partisipatif terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah sebesar 52.5 %. Rata-rata dari variabel keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap pengambilan keputusan partisipatif sebesar 25.2 %. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh ketiga variabel pada penelitian ini masih perlu ditingkatkan.
|