Zaida Karnia, Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Kinerja guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Pariwisata di DKI Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis dan menungkapkan pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Pariwisata di DKI Jakarta. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. (2) Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi kerja guru. (3) Pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru. Target populasi sebanyak 250 guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Pariwisata di DKI Jakarta, populasi terjangkau menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling) yakni 154 responden. Proses menjaring data dilakukan menggunakan angket yang disebarkan terhadp responden. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner model Skala Likert Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, terdapat pengaruh langsung positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap motivasi kerja guru (X3) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi X3 = 97,083 + 0,307X1 dengan koefisien pengaruh p31 = 0,299 pada taraf signifikansi 0,05 artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap motivasi kerja guru (X3) sebesar 8,940% sisanya dipengaruhi variabel lain. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif antara kinerja guru (X2) terhadap motivasi kerja guru (X3) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi X3 = 83,350 + 0,417X2 dengan koefisien pengaruh p32 = 0,349 pada taraf signifikansi 0,05 artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kinerja guru (X2) terhadap motivasi kerja guru (X3) sebesar 12,180% sisanya dipengaruhi variabel lain. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif antara keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X2) yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi X2 = 101,010 + 0,239X1 dengan koefisien pengaruh p21 = 0,299 pada taraf signifikansi 0,05 artinya bahwa ada pengaruh positif dan signifikan keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X2) sebesar 8,940% sisanya dipengaruhi variabel lain. Hasil analisi data dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah dan kinerja guru dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan motivasi kerja guru, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
|