Muntikah. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMK, 2013 Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh (1) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru, (2) Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru, dan (3) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Wilayah IV Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif sehingga penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Populasinya adalah seluruh guru yang mengajar pada Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Wilayah IV Kota Tangerang. Adapun Sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 orang guru. Untuk menjaring data variabel tentang kepuasan kerja guru (X3), Kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan Motivasi kerja (X2), serta digunakan instrumen berupa angket dengan skala lima. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrument penelitian pada 30 responden diluar sampel penelitian menggunakan persamaan pearson product moment dan cronbach alpha. Instrumen yang valid dan reliabel disebarkan pada responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : Pertama, terdapat pengaruh langsung positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan koefisien jalur p31 = 0,589. Pada taraf signifikan ? = 0,05 serta kontribusi pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan guru adalah sebesar 47,98%. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur p32 = 0,574 pada taraf signifikan ? = 0,05 serta kontribusi pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru adalah 32,95%. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru dengan koefisien jalur p21 = 0,393 pada taraf signifikan ? = 0,05 serta kontribusi pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru adalah sebesar 15,45 %. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, diharapkan akan dapat memberikan kontribusi dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini.
|