AHMAD NAWAWI. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh : (1) kecerdasan emosional dan kinerja guru, (2) motivasi kerja dan kinerja guru, dan (3) kecerdasan emosional dan motivasi kerja. Hipotesis yang diuji adalah: terdapat pengaruh langsung (1) kecerdasan emosional dan kinerja guru, (2) motivasi kerja dan kinerja guru, dan (3) kecerdasan emosional dan motivasi kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan analisis jalur. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi yang berjumlah 151 orang dari 5 sekolah negeri. Dan sampel penelitian berjumlah 60 orang guru dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi (r13) = 0,7768 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan persamaan regresi 3 1 X? = 29,32 + 0,73X . Koefisien determinasi sebesar r2 13 = 0, 6034 Kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja guru sebesar 60,34 %. Kedua, terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi (r23) = 0,7222 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan persamaan regresi 3 2 X? = 46,87 + 0,73X . Koefisien determinasi sebesar r2 23= 0,5216. Kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 52,16%. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja dengan koefisien korelasi (r12) = 0,9019 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan persamaan regresi 2 1 X? = -8,28 + 0,98X . Koefisien determinasi sebesar r2 12= 0,8134. Kontribusi kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja sebesar 81,34%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja guru di SMP Negeri di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi dapat ditingkatkan melalui kecerdasan emosional dan motivasi kerja. Dengan demikian penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kinerja guru sekolah di SMP Negeri di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi. Kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi berada pada kategori baik. Kecenderungan ini memberikan implikasi bahwa kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi perlu ditingkatkan lagi ke arah yang lebih baik lagi. Hasil penelitian dapat sarankan bahwa, para pendidik sebaiknya harus terus meningkatkan kecerdasan emosional yang dimilikinya dengan meningkatkan pada lima unsur yaitu: kesadaran diri, motivasi diri, pengendalian diri, empati, dan keterampilan dalam membina hubungan, sehingga diharapkan kinerjanya pun akan lebih meningkat, Adanya pengembangan potensi dan berbagai pelatihan terkait dengan upaya peningkatan kecerasan emosional guru dan motivasi kerja mengingat pentingnya peranan kecerdasan emosional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja seorang guru sehingga berimplikasi terhadap hasil belajar siswa.
|