Elly Muliatiningrum, Pengaruh Gaya Kepimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan II Se-Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Tesis, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2014. Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan II se-Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Hipotesis yang diuji yakni : 1. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru, 2. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Disiplin Kerja Guru 3. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Budaya Organisasi. Target populasi 185 guru SDN Wilayah Binaan II se-Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, populasi terjangkau menggunakan stratifiel proporsional random sampling yakni 127 responden. Proses menjaring data dilakukan menggunakan angket yang disebarkan terhadap responden . Tehnik pengumpulan data dengan kuesioneur model Likert-scala. Metode yang digunakan metode penelitian survei kausal, dengan analisis jalur (Path Analysis). Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Analisis Data menggunakan tehnik korelasi dan regresi dilakukan dengan bantuan program SPSS. Ujicoba instrumen untuk dapatkan validitas dan realibilitas, butir instrumennya dihitung menggunakan koefisien korelasi antara skor butir dengan skor total instrumen dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian menunjukan kontribusi yang signifikan, 27.4% dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, 29.7% budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru dan 25.6% gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Ini berarti bahwa disiplin kerja guru SDN di wilayah Kecamatan kemayoran dapat ditingkatkan melalui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah tersebut Hasil analisis data dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara tersendiri maupun bersama-sama berkontribusi sangat signifikan terhadap disiplin kerja guru dan bila. disinergikan dapat meningkatkan disiplin kerja guru yang optimal pada Sekolah Dasar Negeri di wilayah Binaan II Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat.
|