Abstrak  Kembali
Widiawati. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru, (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru, dan (3) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi kerja Guru, (2) terdapat pengaruh langsung Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru, dan (3) terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah survai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di lima SMA di Jakarta Selatan berjumlah 250 guru. Sampel berjumlah 154 guru yang diambil secara acak proporsional (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel motivasi kerja guru, keterampilan manajerial kepala sekolah, dan iklim organisasi sekolah dengan angket model skala likert. Uji validitas dihitung dengan rumus product moment dan keterandalan (Reliabilitas) dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel motivasi kerja guru sebesar r?? = 0,97, hasil uji coba untuk variabel keterampilam manajerial kepala sekolah sebesar r?? = 0,9655, dan hasil uji coba untuk variabel iklim organisasi sekolah r?? = 0,9423. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan korelasi sederhana dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap MotivasiKerja Guru dengan persamaan regresi adalah ? = 98,52 + 0,291 X?, koefisien korelasi sebesar r?? = 0,987, dan koefisien jalur p?? sebesar 0,577, pada taraf signifikansi a = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru dengan persamaan regresi ? = 118,13 + 0,185 X?, koefisien korelasi sebesar r?? = 0,988, dan koefisien jalur analisis p?? sebesar 0,423 pada taraf singnifikansi a = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah dengan persamaan regresi ? = 106,11 + 0,279 X? koefisien korelasi sebesar r?? = 0,987, dan koefisien jalur p?? sebesar 0,987, pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan motivasi kerja guru dengan cara meningkatnya keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan meningkatnya iklim organisasi sekolah (X2).