Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pada komponen konteks, masukan, proses, dan produk implementasi kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di sekolah dasar Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Partisipan dalam penelitian diantaranya kepala sekolah dan guru. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Temuan evaluasi: Pertama, dalam konteks pembelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) sesuai dengan kriteria, visi dan misi, serta tujuan pendidikan Muhammadiyah. Kedua, pembelajaran memenuhi komponen evaluasi input seperti peserta didik, tenaga pendidik, kurikulum, sumber belajar dan sarana prasarana. Ketiga, proses implementasi pembelajaran sesuai dengan acuan majelis dikdasmen dan basis kurikulum Holistic Integratif, serta berpusat pada potensi, perkembangan, dan kebutuhan peserta didik. Keempat, capaian pembelajaran mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam menghadapi hambatan dan tantangan, diperlukan motivasi kepala sekolah dan memberikan pelatihan serta bimbingan guna meningkatkan kinerja pendidik.