Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tentang pengaruh Budaya Sekolah (X1), dan Komitmen Guru (X2) Terhadap Kompetensi Pedagodik (Y) Guru Sekolah Dasar yang berada di kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur (path analysis) sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dengan sampel 98 guru dari 130 populasi guru sekolah dasar yang berada di kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dari pembahasan penelitian, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut: a) Hasil statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Budaya Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik (t hitung = 16.455, sig = 0.000 < 0.05), b) Hasil statistik menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Komitmen Guru terhadap Kompetensi Pedagogik (t hitung = 47.251, sig = 0.000 <0.05), c) Hasil statistik menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Budaya Sekolah terhadap Komitmen Guru (t hitung = 11.324, sig = 0.000 < 0.05). Dengan demikian, dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Budaya Sekolah, Komitmen Guru, dan Kompetensi Pedagogik saling terkait dan saling mempengaruhi. Peningkatan Budaya Sekolah dan Komitmen Guru dapat memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik di lingkungan pendidikan.