Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Pengaruh
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. (2) Pengaruh komitmen guru terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang dengan sampelnya berjumlah 211 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan analisis, diketahui: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (4.373 > 1.652) dan nilai koefesien jalur
sebesar 0,285. 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Komitmen
Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (3.629 > 1.652) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,237. 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Komitmen Guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (3.783 > 1.652) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,253.
|