Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya program pembelajaran e-learning di SMP Muhamamdiyah 9 Jakarta yang sudah berjalan kurang lebih selama 5 tahun, akan tetapi belum sama sekali dilakukan evaluasi secara keseluruhan. Salah satu yang perlu di evaluasi yaitu dari keefektifan dalam pembelajaran e-learning di SMP Muhamamdiyah 9 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk : mengevaluasi program pembelajaran e-learnning di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta untuk menilai sejauhmana efektifitas program pembelajaran e-learning dapat berjalan sesuai dengan rencana program. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Context meliputi Kebijakan dalam Pembelajaram E-Learning, visi dan misi sekolah dan analisis kebutuhan sekolah dalam pembelajaran e-learning. Input meliputi peserta didik, pendidik, kurikulum dan sarana prasarana sekolah untuk menunjang pembelajaran e-learning, pembiayaan. Process meliputi penerapan proses pembelajaran e-learning, metode yang digunakan dalam pembelajaran e-learning. Product meliputi Pelaporan hasil kemampuan peserta didik dam pendidik dari program pembelajaran e-learning. Teknik yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini, yaitu dengan menggunakan cara penelitian: wawancara, baik secara lisan dan mendengarkan langsung keterangan dan informasi-informasi dari narasumber. Hasil Penelitian ini menunjukan dari segi Context dari keseuaian visi dan misi sudah sangat sesuai serta diperkuat dengan surat keputusan yang dibuat oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Kebayoran Baru mengenai penyelenggaraan kegiatan pembelajaran e-learning di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Input ada yang perlu diperbaiki dari beberpa yang menjadi kendala dari terselenggaranya program pembelajaran e-learning di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta yaitu dari segi jaringan internet yang masih kurang stabil yang menjadi penghambat proses belajar mengajar di sekolah. Process kurangnya pelatihan guru untuk pembelajaran e-learning di sekolah, serta adanya kendala akun pada device guru sehingga menghambat pembelajaran. Metode pembelajaran menggunakan diskusi, project based learning, dan game method. Penerapan program e-learning di sekolah sangat membantu pendidik maupun peserta didik. Product program pembelajaran e-learning disekolah ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap dari peserta didik yang pasif menjadi lebih aktif dengan adanya pembelajaran e-learning dan adanya prestasi yang dihasilkan dari non akademik yang berhubungan dengan teknologi. Dalam program pembelajaran e-learning di SMP Muhammadiyah 9 Jakarta sudah berjalan dengan baik namun perlu adanya peningkatan dalam berbagai aspek dari metode ajar pendidik serta penguatan dari segi jaringan internet agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.