Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi Implementasi Manajemen Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Dalam konteks penelitian ini, digunakan metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang berjudul Evaluasi Implementasi Manajemen Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proces, and Product) Pengumpulan data menggunakan 3 (tiga) teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam melakukan pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi guna melihat secara langsung keadaan, suasana, kenyataan, yang terjadi di kampus. Wawancara secara mendalam juga dilakukan dengan mewawancarai sejumlah responden dengan memberikan sejumlah pertanyaan terbuka. Sedangkan data sekunder didapatkan dengan mempelajari dokumen-dokumen, arsip, dan data pendukung lainnya dari perpustakaan. Data yang didapat dilengkapi dengan catatan lapangan dan catatan wawancara sehingga data yang didapatkan valid. Berdasarkan kesimpulan hasil temuan dan implikasinya, maka rekomendasi hasil penelitian ini adalah Pembangunan gedung utama perpustakaan secara bertahap perlu dilaksanakan; Penambahan bahan pustaka terutama yang diperlukan oleh setiap program studi perlu dilakukan secara bertahap; Pengaturan waktu pelaksanaan kunjungan mahasiswa ke perpustakaan agar diperhatikan sesuai ketentuan pengelolaan perpustakaan yang memenuhi standar pengelolaan perpustakaan; Pustakawan yang belum memiliki kompetensi sebagai pustakawan yang profesional perlu ditingkatkan kemampuannya melalui program magang atau diikutkan program pendidikan dan latihan di instansi yang berwenang; dan Pengelola perpustakaan sesuai struktur organisasi perlu dilengkapi dan segera diterbitkan surat keputusannya.