Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi program supervisi akademis kepala sekolah di SMP Al Kamal Jakarta dilihat dari segi Context, Input, Process, Product. Penelitian evaluasi ini menggunakan metode kombinasi metode deskriptif dan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Untuk memperoleh data menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dianalisis secara kualitatif dengan model interaksi Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Kesimpulan hasil evaluasi adalah sebagai berikut: (1) Program supervisi akademik kepala sekolah di SMP Al Kamal Jakarta berlandaskan dan dikembangkan sesuai dengan visi dan misi yang ada di sekolah tersebut dan berlandaskan kepada kurikulum nasional yaitu KTSP 2013 dan Kurikulum Yayasan Pondok Pesantren Al Kamal Jakarta, (2) Komponen sumber daya manusia (guru), sarana prasarana dan pendanaan untuk menunjang program supervisi akademik kepala sekolah masih perlu peningkatan dan pengembangan terus menerus adalah sarana prasarana dan anggaran program supervisi akademik kepala sekolah, (3) Program supervisi akademik kepala sekolah telah dilakukan perencanaan, dan evaluasi sudah cukup baik dan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana kegiatan disusun pada saat rapat kerja awal tahun pelajaran bersama tim yang ditunjuk oleh kepala sekolah (4) Ketercapaian hasil kegiatan program supervisi akademik kepala sekolah dapat dirasakan baik oleh pihak guru maupun peserta didik dan sekolah. program supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan mutu sekolah karena berhasil sebuah satuan pendidikan dari guru yang mempunyai kinerja baik serta inovatif dan kreatif.