Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi program supervisi
akademis kepala sekolah di SMP Al Kamal Jakarta dilihat dari segi Context, Input, Process, Product. Penelitian evaluasi ini menggunakan metode kombinasi metode deskriptif dan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Untuk memperoleh data menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara, catatan
lapangan dan dianalisis secara kualitatif dengan model interaksi Miles dan
Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan
triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Sumber
informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan
guru. Kesimpulan hasil evaluasi adalah sebagai berikut: (1) Program supervisi
akademik kepala sekolah di SMP Al Kamal Jakarta berlandaskan dan
dikembangkan sesuai dengan visi dan misi yang ada di sekolah tersebut dan
berlandaskan kepada kurikulum nasional yaitu KTSP 2013 dan Kurikulum Yayasan
Pondok Pesantren Al Kamal Jakarta, (2) Komponen sumber daya manusia (guru),
sarana prasarana dan pendanaan untuk menunjang program supervisi akademik
kepala sekolah masih perlu peningkatan dan pengembangan terus menerus adalah
sarana prasarana dan anggaran program supervisi akademik kepala sekolah, (3)
Program supervisi akademik kepala sekolah telah dilakukan perencanaan, dan
evaluasi sudah cukup baik dan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana kegiatan
disusun pada saat rapat kerja awal tahun pelajaran bersama tim yang ditunjuk oleh
kepala sekolah (4) Ketercapaian hasil kegiatan program supervisi akademik kepala
sekolah dapat dirasakan baik oleh pihak guru maupun peserta didik dan sekolah.
program supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan mutu sekolah
karena berhasil sebuah satuan pendidikan dari guru yang mempunyai kinerja baik
serta inovatif dan kreatif.
|