Sebagai fasilitas yang telah disediakan oleh kementerian agama pusat, sistem
EMIS berperan sebagai sumber data, EMIS diharapkan mampu memberikan data dan infromasi yang akurat guna sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pelayanan terhadap madrasah agar mampu meningkatkan eksistensinya dalam sistem pendataanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana
kesesuaian antara komponen standar pada pedoman Education Management
Information System (EMIS) dengan yang digunakan pada Adminsitrasi Pendidikan di
MI Raudlatul Islamiyah dan mendapatkan hasil analisis SWOT terhadap penggunaan
Education Management Information System (EMIS) pada Adminsitrasi Pendidikan di
MI Raudlatul Islamiyah pada Adminsitrasi Pendidikan di MI Raudlatul Islamiyah
telah dengan Pedoman Pelaksanaan Penginputan Data EMIS Dirjen Pendis
Kementerian Agama RI. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
strategi yang dapat digunakan ke depannya dalam rangka perbaikan dan peningkatan
efektivitas penggunaan sistem EMIS khususnya di MI Raudlatul Islamiyah. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan strategi SWOT yang
diperoleh melalui data sekunder dari hasil observasi dan wawancara terhadap kepala
madrasah dan operator EMIS. Teknik analisis dara yang digunakan mulai dari
mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih
detail dengan meng-coding data, menerapkan proses coding untuk mendeskripsikan
hal-hal yang akan dianalisis, menunjukkan deskripsi dan tema dalam narasi atau
laporan kualitatif, dan memaknai data. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat
kesesuaian antara Komponen Standar Education Management Information System
(EMIS) pada Adminsitrasi Pendidikan di MI Raudlatul Islamiyah telah dengan
Pedoman Pelaksanaan Penginputan Data EMIS Dirjen Pendis Kementerian Agama RI
dalam Manajemen Pendidikan di Madrasah.. Selain itu terdapat masukan untuk
perbaikan jaringan dan SOP penggunaan sistem EMIS kedepannya dilihat dari
kelemahan dan hambatan yang terjadi dalam praktiknya di madrasah.
|