Abstrak  Kembali
Sebagai fasilitas yang telah disediakan oleh kementerian agama pusat, sistem EMIS berperan sebagai sumber data, EMIS diharapkan mampu memberikan data dan infromasi yang akurat guna sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pelayanan terhadap madrasah agar mampu meningkatkan eksistensinya dalam sistem pendataanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana kesesuaian antara komponen standar pada pedoman Education Management Information System (EMIS) dengan yang digunakan pada Adminsitrasi Pendidikan di MI Raudlatul Islamiyah dan mendapatkan hasil analisis SWOT terhadap penggunaan Education Management Information System (EMIS) pada Adminsitrasi Pendidikan di MI Raudlatul Islamiyah pada Adminsitrasi Pendidikan di MI Raudlatul Islamiyah telah dengan Pedoman Pelaksanaan Penginputan Data EMIS Dirjen Pendis Kementerian Agama RI. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan ke depannya dalam rangka perbaikan dan peningkatan efektivitas penggunaan sistem EMIS khususnya di MI Raudlatul Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan strategi SWOT yang diperoleh melalui data sekunder dari hasil observasi dan wawancara terhadap kepala madrasah dan operator EMIS. Teknik analisis dara yang digunakan mulai dari mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, menerapkan proses coding untuk mendeskripsikan hal-hal yang akan dianalisis, menunjukkan deskripsi dan tema dalam narasi atau laporan kualitatif, dan memaknai data. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat kesesuaian antara Komponen Standar Education Management Information System (EMIS) pada Adminsitrasi Pendidikan di MI Raudlatul Islamiyah telah dengan Pedoman Pelaksanaan Penginputan Data EMIS Dirjen Pendis Kementerian Agama RI dalam Manajemen Pendidikan di Madrasah.. Selain itu terdapat masukan untuk perbaikan jaringan dan SOP penggunaan sistem EMIS kedepannya dilihat dari kelemahan dan hambatan yang terjadi dalam praktiknya di madrasah.