Budaya sekolah menjadi sebuah nilai-nilai dan norma yang harus dijalankan
warga sekolah sebagai bentuk komitmen maupun peningkatan mutu kerja dan
Pendidikan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa
terdapat warga sekolah yang tidak melaksanakan budaya sekolah secara
menyeluruh. Dalam upaya meningkatkan komitmen dan peningkatkan mutu kerja
serta pendidikan, dibutuhkan gambaran komitmen guru pada budaya sekolah dan
bagaimana dampak komitmen tersebut pada kinerja guru dan mutu Pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif etnografi.
Pengumpulan data menggunakan mewawancarai Informan, membuat catatan
Etnografis, melakukan analisis wawancara etnografis, dan dokumentasi. Teknik
analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik,
sumber dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya suatu lingkungan dapat dibentuk dari
adanya pembiasaan yang baik, khususnya di lingkungan sekolah. Seorang pendidik
harus mampu memberikan contoh kepada para peserta didik dan warga sekolah agar
dapat menaati peraturan yang menjadi ciri khas suatu Lembaga. Tujuan dari
penelitian ini yaitu, menjadi sumbangsih ilmu pengetahuan dalam membangun
budaya sekolah, memperkaya bidang akademik tentang menciptakan dan
membangun budaya sekolah di tingkat SMP, memberikan kontribusi positif berupa
informasi ilmiah untuk proses pencapaian tujuan pendidikan nasional.
|