Penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan program Indonesia pintar (PIP) di SMKS Citra Nusantara kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang. Model yang digunakan yaitu Discrepancy evaluation model (DEM). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif miles dan Huberman.
Temuan penelitian ini: (a) tahap pendataan program Indonesia pintar (PIP) di SMKS Citra Nusantara dilakukan dengan data siswa yag memiliki kartu Indonesia pintar (KIP) dan siswa miskin. Berdasarkan angket penilaian siswa menyatakan proses pendataan dilakukan dengan baik, dengan nilai 3,50 (69,38%). Masih ada keetimpangan dimana masih ada siswa miskin yang belum mendapatkan bantuan program Indonesia pintar (PIP). (b) Mekanisme penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMKS Citra Nusantara yang dilakukan secara mandiri atau kolektif dengan pihak sekolah. Berdasarkan hasil angket penilaian yang diberikan menyatakan bahwa tahap penyaluran program Indonesia pintar (PIP) dilakukan dengan baik, dengann nilai 3,6 (72.7%). Namun Proses aktivasi masih lambat karena adanya kendala dibank penyalur. (c) Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMKS Citra Nusantara sudah dimanfaatkan untuk keperluan sekolah sesuai dengan kriteria pada kriteri. Berdasarkan hasil angket yang diberikan menyatakan bahwa pelaksanaan program Indonesia pintar (PIP) dilakukan dengan baik, dengan nilai 3,3 (66.1%). (d) Pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMKS Citra Nusantara terdapat hambatan atau kendala diantaranya masih ada peserta didik yang membutuhkan dana bantuan program Indonesia pintar (PIP) namun tidak masuk kedalam penetapan penerima. Sebab secara teknis usulan PIP didasarkan pada standar masyarakat yang memiliki KIP, KPS, peserta PKH dan lain lain Sehingga, berdampak pada penentuan penerima bantuana PIP. Selain itu bank penyalur memberikan kuota perhari dalam melayani siswa penerima sehingga lambatnya proses aktivasi rekening. Pelaksanaan program indonesia pintar (PIP) di SMKS Citra Nusantara dapat dilanjutkan dengan catatan perlu melakukan perbaikan agar implementasi program kedepannya semakin baik dan dapat meminimalisir kendala yang menghambat keberhasilan pelaksanaan program.
|