Abstrak  Kembali
Kepemimpinan transformasional berdasarkan beberapa penelitian diketahui memiliki fungsi sebagai penguat atau pendukung terciptanya budaya organisasi sekolah. Melalui kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat mengembangkan budaya organisasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 kelompok yaitu (1) Fokus Grup Diskusi, (2) Kepala Sekolah, (3) Komite Sekolah, dan (4) Staf. Subyek penelitian diberikan kuesioner terbuka dan wawancara. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini ada sebanyak 15 responden. Hasil dari wawancara di tabulasikan dan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa masih ada beberapa indikator kepemimpinan transformasional yang belum dilaksankan dengan maksimal oleh kepala sekolah indikator yang dimaksud adalah Visi, komunikasi inspirasional, dan stimulasi intelektual. Ada beberapa indikator budaya organisasi sekolah yang dinilai oleh responden belum maksimal. Indikator yang dimaksud adalah eksperimen atau percobaan, harapan yang tinggi, memberikan perhatian, apresiasi dan perlakuan istimewa, keterlibatan dalam membuat keputusan, dan menjangkau basis pengetahuan. Ada beberapa indikator peran kepemimpinan transformasional dengan budaya organisasi sekolah dalam pengembangan budaya organisasi yang belum dilaksankan dengan maksimal oleh kepala sekolah indikator yang dimaksud adalah Visi, komunikasi inspirasional, dan stimulasi intelektual.