Abstrak  Kembali
Pendidikan lingkungan hidup merupakan alternatif upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada usia dini. Pendidikan lingkungan hidup dapat diberikan melalui program Adiwiyata. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Adiwiyata dalam mewudujkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pagi. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan model CIPP (Context, Input, process, and product) Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data didapatkan dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penilaian penyelenggaraan Adiwiyata di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pagi berdasarkan komponen adiwiyata yang tercantum dalam pembentukan program adiwiyata berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 4 bahwa pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik. Sosialisasi permen LHK no 52 dan 53 tahun 2019 tentang gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup disekolah. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 05 tahun 2013. Indikator evaluasi dalam penelitian ini terdiri dari 4 komponen yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Hasil penilaian menunjukkan bahwa SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pagi termasuk dalam kategori sekolah adiwiyata mandiri berdasarkan capaian nilai yang diperoleh dan jumlah alokasi anggaran sebesar 21.71%. Jumlah sebesar binaan sekolah yang telah memenuhi persyaratan namun terdapat hambatan yaitu sarana biopori yang tidak difungsikan secara optimal. Saran kedepannya adalah kepala sekolah disarankan untuk membuat pedoman pelaksanaan program adiwiyata, dan hasil kreasi siswa dapat diletakkan di masing-masing kelas maupun di lorong sekolah.