Abstrak  Kembali
Program Sekolah Penggerak adalah salah satu episode dari Program Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemendikbud awal tahun 2021 kemarin. Menurut Kepmendikbudristek No. 371 tahun 2021 tentang Program Sekolah Penggerak, menyebutkan bahwa Program Sekolah Penggerak ini merupakan katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia. Sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Untuk mempercepat proses akselerasi sekolah, Kemendikbudristek berkomitmen memberikan 5 (lima) intervensi khusus pada satuan pendidikan berstatus sekolah penggerak. Fokus penelitian ini pada intervensi ke – 2 dan ke – 3 yang sejalan dengan tahapan dalam mencapai Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan jenis program penguatan SDM unggul (2) Mengeksplorasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) (3) Menganalisis Pembelajaran Kurikulum Merdeka (4) Mengeksplorasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus komparatif. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu baik SDN di pedesaan mauapun SDN diperkotaan merasakan dampak positif atas program penguatan SDM yang diberikan oleh kemendikbudristek dengan pelatihan dan pendampingannya. Lebih lanjut untuk penyusunan dokumen KOSP hanya 1 sekolah saja yang melakukan analisis konteks satuan pendidikan sedang 3 sekolah lainnya tidak, dan semua sekolah yang diteliti menjadikan KOSP hanya sebagai syarat pemenuhan administrasi saja. Adapun untuk pembelajaran kurikulum merdeka, dari analisis dokumen modul ajar semua guru membuat modul ajar berdasarkan komponen yang tersedia, namun Ketika observasi dan wawancara dilakukan ditemukan bahwa apa yang tertuang dalam modul ajar nyatanya tidak diaplikasikan kepada peserta didik. Sedang P5 pada tiga dari empat sekolah yang diteliti sudah memahami tahapan alur P5. Implikasi dari penelitian ini diharapkan akan berdampak positif dan signifikan terhadap PSP bilamana Kepala Sekolah dan Guru ditingkatkan lagi kompetensinya.