Tesis ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh langsung
atau tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim organisasi sekolah, membutikan apakah terdapat pengaruh langsung atau tidak langsung antara iklim organisasi sekolah terhadap kreativitas guru, dan membuktikan apakah terdapat pengaruh langsung atau tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kreativitas guru di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survey kausal. Populasi pada penelitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan dengan populasi terjangkau berjumlah 151 responden yang berasal dari SMA Negeri 5, 6, dan 7 Kota Tangerang Selatan. Berdasarkan rumus Slovin, didapatkan sampel berjumlah 110 responden yang didapatkan dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan disusun dalam bentuk koesioner. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 26.0 for Windows. Uji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh langsung atau tidak langsung antara vaiabel eksogen terhadap variabel endogen menggunakan analisis jalur dengan terlebih dahulu memenuhi uji asumsi klasik, yaitu uji Normalitas, uji
Multikolinearitas, dan uji Heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung, positif, dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim organisasi sekolah (𝛽 = 0,892; 𝑟 = 0,892; p < 0,05), terdapat pengaruh langsung, positif, dan signifikan antara iklim organisasi sekolah terhadap kreativitas guru (𝛽 = 0,445; 𝑟 = 0,382; p < 0,05), dan terdapat pengaruh langsung, positif, dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kreativitas guru (𝛽 = 0,927; 𝑟 = 0,530; p < 0,05), serta pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kreativitas guru (𝛽
= 0,397). Implikasi dari penelitian ini adalah, diharapkan kepala sekolah dapat
menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dan memiliki upaya bersama dengan seluruh anggota sekolah untuk menciptakan iklim organisasi sekolah yang positif sehingga kreativitas guru dapat meningkat.
|