Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Mata Pelajaran Bahasa inggris dengan menggunakan Model Evaluasi CIPP yaitu Context, Input, Process, dan Product. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Tenaga Pengajar Bahasa Inggris kelas 7, 8, dan 9, dan Peserta Didik kelas 7,8, dan 9 yang berada di lingkungan Madrasah Tsanawiyyah Al-Hamid. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai komponen Context yang merupakan kondisi dan landasan awal sekolah sudah sesuai yang dimana terdapat visi – misi, tujuan, dan sasaran program yang jelas. 2) Nilai komponen input yang masih ada beberapa kekurangan di bagian sarana dan prasarana sekolah yang belum lengkap dan masih dalam proses pembangunan gedung, dan latar belakang guru pengajar yang tidak sesuai. 3) Nilai komponen proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian sudah cukup. Dan 4) Nilai komponen produk terhadap hasil belajar peserta didik sudah cukup.