Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengungkap dan menganalisis keberhasilan atas implementasi program pendidikan karakter di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir. Penelitian ini bersifat evaluatif dengan melakukan evaluasi terhadap implementasi program pendidikan karakter dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial mahasiswi di Kampus Putri.
Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Kirkpatrick atau yang dikenal Four Levels Evaluation Model yaitu tahap reaksi, tahap belajar, tahap perilaku dan tahap hasil. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam kepada pihak penyelenggara, peserta (mahasiswi) dan juga pihak ketiga yaitu mitra dakwah (guru pamong di TPA), kemudian dilakukan juga observasi dan studi dokumen. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman berupa; reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi tahap reaksi yang terdiri atas reaksi mahasiswi terhadap koordinator program, reaksi mahasiswi terhadap program dan perencanaan program menunjukkan kualifikasi kurang memuaskan yang ditandai dengan kurangnya kreativitas dalam membangkitkan motivasi mahasiswi, minimnya kelengkapan pada input program dan kurangnya sosialisasi program. Pada evaluasi tahap belajar menunjukkan hasil yang memuaskan, keterlibatan dan keaktifan mahasiswi pada program menjadi indikator utama sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, memperbaiki sikap dan mengembangkan keterampilan sesuai dengan tujuan yang dirumuskan dari program yang dilaksanakan. Pada evaluasi tahap perilaku menunjukkan pencapaian sangat memuaskan yang ditandai dengan pencapaian dari sisi pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswi menurut persepsi pengelola dan dosen, mahasiswi untuk dirinya, guru pamong di TPA, dan rekan sejawat meskipun pencapaian yang diperoleh berada pada tingkat berbeda setiap masing-masingnya. Pada evaluasi tahap hasil menunjukkan dampak yang memuaskan bagi mahasiswi dan lembaga dengan adanya kepercayaan dari masyarakat. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi program pendidikan karakter untuk meningkatkan kompetensi sosial mahasiswi di STID Mohammad Natsir akan memberikan dampak positif dan signifikan bilamana catatan kekurangan pada setiap tahapnya dapat terpenuhi/terlaksana dengan baik. Adapun rekomendasi yang disarankan bahwa implementasi program dilanjutkan dengan catatan-catatan.
|