Abstrak  Kembali
Berdasarkan Data pokok pendidikan (Dapodik) Dikjen PAUD, kecamatan Jatiasih memiliki 120 sekolahTaman Kanak-kanak dengan 289 guru dan berdasarkan data dari BANS/M tercatat masih banyak sekolah yang tidak memiliki nilai akreditasi dan adanya penurunan Mutu Pembelajaran. Tesis ini untuk mengidentifikasi apakah ada pengaruh kepemimpinan situasional dan manajemen sarana prasarana terhadap Mutu pembelajaran di taman kanak-kanak sekecamatan jatiasih. Variabel dalam penelitian ini adalah kepemimpinan situasional, manajemen sarana prasarana sebagai variable dependen dan mutu pembelajaran sebagai variable independen. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk menarik kesimpulan kausal menggunakan teknik path analysis (analisis jalur). Analisis ini menggunakan korelasi dan regresi Adapun teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket dengan menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukan Kepemimpinan Situasional berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pembelajaran, diterima. Kepemimpinan Situasional berpengaruh signifikan terhadap lingkungan guru, diterima. Manajemen Sarana Prasarana berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pembelajaran, diterima.