Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menaganlisis: 1) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap kinerja guru sekolah dasar di Gugus 4 Kota Tangerang. 2) Pengaruh etos kerja guru terhadap terhadap kinerja guru sekolah dasar di Gugus 4 Kota Tangerang. 3) Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap etos kerja guru sekolah dasar di Gugus 4 Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Gugus,4 Kota Tangerang yang berjumlah 195 orang, sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 131 guru. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Gugus 4 Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (9,111 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,614. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,614 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kecerdasan intelektual dengan Kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang. 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan etos kerja terhadap Kinerja guru Sekolah Dasar di Gugus 4 Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (5,246> 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,354. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,354 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Ini artinya etos kerja dengan kinerja guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah. 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kecerdasan intelektual terhadap etos kerja orang Sekolah Dasar di Gugus 4 Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (24,409 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,907. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kecerdasan intelektual dengan etos kerja memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah.