Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Implementasi Manajemn Kurikulum berorientasi ADLX dengan pendekatan pembelajaran TERPADU diterapkan di SDIT Insan Mulia Jakarta. Penelitian ini bersifat evaluatif, dengan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Manajemen Kurikulum berorientasi ADLX dengan pendekatan Pembelajaran TERPADU pada guru-guru di SDIT Insan Mulia Jakarta. Model evaluasi yang digunakan adalah model countenance dimana model ini menekankan pada adanya pelaksanaan dua hal yaitu deskripsi dan pertimbangan yang dilakukan pada masing masing tiga tahapan yang ada di dalam evaluasi yaitu perencanaan, proses dan hasil. Data diperoleh melalui dokumen fisik, obeservasi dan wawancara secara mendalam terhadap guru guru SDIT Insan Mulia Jakarta, yang kemudian data tersebut dilakukan pengolahan dengan analisis reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum yang dilakukan di SDIT Insan Mulia Jakarta dimulai dengan prencanaan dengan membuat dokumen 1 dan dokumen 2 ini menunjukkan bahwa SDIT Insan Mulia Jakarta memberikan pendidikan yang sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik. Kemudian stakeholder yang bertanggung jawab dalam pembuatan kurikulum menentukan program-program apa saja yang akan direncanakan dalam pembelajaran. Untuk tahap pelaksanaan kurikulum yang dikolaborasikan antara kurikulum Nasional, kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dan pendekatan TERPADU dengan ketercapaian ADLX dapat dilaksanakan, sehingga lebih menarik minat siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal diantaranya dengan desain pembelajaran yang dikolaborasikan dengan pendekatan TERPADU. Adapun evaluasi manajemen kurikulum yaitu supervisi yang dilakukan secara rutin dan pendekatan TERPADU yang dilakukan menjadikan aspek penilaian keterampilan mengajar guru menjadi meningkat dan menguasai prinsip serta pendekatan duniawi dan ukhrowi yang menjadi poin terpenting dalam pendekatan TERPADU.
|