Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkap dan mencari fakta mengenai Evaluasi Program Pendidikan Anak usia Dini di TK Bunga Bangsa 2 Pancoran Mas Depok. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan, pencatatan dan pengambilan data dilakukan secara naturalistik menggunakan observasi, wawancara berstruktur, dokumentasi dan gabungan atau triangulasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah TK Bunga Bangsa 2, tenaga pengajar TK Bunga Bangsa 2, Komite dan orang tua murid TK Bunga Bangsa 2. Komponen SDM tersebut erat kaitannya dengan proses Evaluasi Program pendidikan anak usia Dini di Taman Kanak-kanak TK Bunga Bangsa 2 Pancoran Mas Depok. Evaluasi ini dimulai dari cara perekrutan SDM di TK Bunga Bangsa 2, metode pendekatan pembelajaran, kurikulum yang digunakan bagaimana peranan orang tua dan komite, bagaimana manfaat dan hambatannya? Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Implementasi Program Pendidikan anak Usia Dini Di TK Bunga Bangsa 2 yang dilakukan melalui pendekatan ketimpangan ternyata dapat ditemukan hasil bahwa terjadi ketimpangan yang signifikan antara Delapan Standar Nasional PAUD dengan kenyataan yang terjadi dilapangan. Diantara ketimpangan tersebut adalah perekrutan SDM belum sesuai standar Nasional PAUD, walaupun Program pembelajaran sudah diupayakan mengikuti standar pendidikan, pada kenyataannya masih banyak guru yang belum memahami kurikulum dan model-model pembelajaran ataupun metode mengajar, termasuk dalam penataan ruang kelas dan sarana pra sarana. Dukungan komite dan orang tua murid terhadap sekolah sangat positif dan mendukung baik moril maupun materil sehingga program sekolah dapat berjalan dengan baik. Keberadaan TK Bunga Bangsa juga memberi kontribusi positif terhadap lingkungan dengan melahirkan generasi bangsa yang diharapkan sesuai visi dari TK Bunga Bangsa yaitu Terwujudnya anak-anak yang cerdas, sehat ceria dan berakhlak mulia serta bertaqwa.