Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui gambaran
mengenai penerapan BCCT dalam pembelajaran di Tk Negeri Pembina 3
Kota Tangerang Selatan. Hal ini dilaksanakan untuk mengukur kesesuaian
penerapan BCCT pada pembelajaran dengan konsep atau standar
pendekatan BCCT. Sehingga dapat diketahui tingkat kesesuaian penerapan
pendekatan BCCT di TK Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan
model evaluasi Discrepancy. Setting penelitian ini adalah TK Negeri
Pembina 3 Kota Tangerang Selatan. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam, yaitu observasi langsung,
dokumentasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, checklist, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman
yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TK Negeri Pembina 3 Kota
Tangerang Selatan melaksanakan pembelajaran Model Pembelajaran
BCCT yang meliputi pemberian pijakan oleh guru kepada peserta didik,
pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan bermain dengan 3 jenis
kegiatan main, serta melaksanakan evaluasi perkembangan peserta didik.
Namun masih terdapat beberapa kriteria yang belum terpenuhi atau belum
dilaksanakan sehingga diperlukan perbaikan dalam pelaksanaan
pembelajaran. Tingkat kesesuaian penerapan BCCT pada pembelajaran di
TK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Dalam Kategori Cukup Baik. Seluruh
sentra di TK Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan memiliki kategori
Cukup Baik dengan skor yang sama yaitu 36.
|