Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui gambaran mengenai penerapan BCCT dalam pembelajaran di Tk Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan. Hal ini dilaksanakan untuk mengukur kesesuaian penerapan BCCT pada pembelajaran dengan konsep atau standar pendekatan BCCT. Sehingga dapat diketahui tingkat kesesuaian penerapan pendekatan BCCT di TK Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi Discrepancy. Setting penelitian ini adalah TK Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga macam, yaitu observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, checklist, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa TK Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan melaksanakan pembelajaran Model Pembelajaran BCCT yang meliputi pemberian pijakan oleh guru kepada peserta didik, pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan bermain dengan 3 jenis kegiatan main, serta melaksanakan evaluasi perkembangan peserta didik. Namun masih terdapat beberapa kriteria yang belum terpenuhi atau belum dilaksanakan sehingga diperlukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Tingkat kesesuaian penerapan BCCT pada pembelajaran di TK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Dalam Kategori Cukup Baik. Seluruh sentra di TK Negeri Pembina 3 Kota Tangerang Selatan memiliki kategori Cukup Baik dengan skor yang sama yaitu 36.