Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji, membuktikan dan mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi guru, 2) Pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi berprestasi guru, dan 3) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kualitas kehidupan kerja guru SD di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatid dengan menggunakan path analysis atau analisis jalur. Populasi penelitian sebanyak 174 guru SD di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Sampel penelitian ini sebanyak 121 rang yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik yang digunakan adalah probability sampling metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket pada skala Lima (Likert). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi guru, dengan Fhitung = 47,719 > Ftabel = 3,07, serta r13 = 0,535 pada taraf signifikan 5% dan ρ31 = 0,511, kontribusi lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 28,6%, (2) Terdapat pengaruh langsung positif kualitas kehidupan kerja terhadap motivasi berprestasi guru, dengan Fhitung = 21,637 > Ftabel = 3,07, serta r23 = 0,392 pada taraf signifikan 5% dan ρ32 = 0,100, kontribusi lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 15,4%, (3) Terdapat pengaruh langsung positif lingkungan kerja terhadap kualitas kehidupan kerja, dengan Fhitung = 57,661 > Ftabel = 3,07, serta r12 = 0,571 pada taraf signifikan 5% dan ρ21 = 0,571, kontribusi lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 32,6%.
|