SRI UTARI. Pengaruh Kinrerja Tenaga Pendidik Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Bekasi Utara. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.2012. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh langsung: (1) kinerja tenaga pendidik (guru) terhadap kualitas pelayanan pendidikan, (2) pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan pendidikan, dan (3) kinerja tenaga pendidik terhadap pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer. Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat pengaruh langsung kinerja tenaga pendidik terhadap kualitas pelayanan pendidikan, (2) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan pendidikan, dan (3) terdapat pengaruh langsung kinerja tenaga pendidik terhadap pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Bekasi Utara sebanyak 166 orang, sedangkan Jumlah sampel penelitian sebanyak 117 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis validitas dan reliabilitas dalam penelitian dihitung denganbantuan software SPSS Versi 17. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas dan pengujian homogenitas. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, terdapat pengaruh langsung kinerja tenaga pendidik terhadap kualitas pelayanan pendidkan, dengan persamaanregresi linear X3 = 81,55 + 0,50X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,5304 dan koefisien determinan sebesar 0,281, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 28,1% pada taraf ? = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer terhadap kualitas pelayanan pendidkan, dengan persamaan regresi linear X3 = 124,25 + 0,22X2 dan koefisien korelasi r23 sebesar 0,2447 dan koefisien determinan sebesar 0,060 sehingga kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 6% pada taraf ? = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kinerja tenaga pendidik terhadap pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer, dengan persamaan regresi X2 = 86,35 + 0,37X1 dan koefisien korelasi r12 sebesar 0,345 dan koefisien determinannya 0,119. sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 11,9% pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya perbaikan kualitas pelayanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Bekasi Utara mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja tenaga pendidik dan pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer secara signifikan mampu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan.
|