Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang objektif tentang pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Sumpah Pemuda Jakarta Barat dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif yang bersifat menguraikan atau mendeskripsikan suatu peristiwa yang terjadi dilapangan berdasarkan objek yang sebenarnya sedangkan model penelitian yang digunakan adalah model penelitian evaluasi CIPP (Context, Input, Proses, Produk). Metode yang digunakan adalah riset evaluasi yaitu suatu metode yang menggunakan keterangan tertulis, informasi lisan, dan beragam fakta untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan masalah evaluasi tehadap supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, observasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Para Kepala Program Studi, dan guru-guru SMK Sumpah Pemuda Jakarta Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konteks dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah ini sudah jelas visi, misi dan tujuannya. Input dalam pelaksanaan supervisi ini masih ada guru yang belum siap untuk di supervisi, ini dapat terlihat dari masih ada guru yang gugup dalam mengajar ketika sedang di supervisi. Proses pelaksanaan supervisi ini sudah baik karena sudah direncanakan namun pelaksanaan nya terkadang tidak berjalan sesuai jadwal dikarenakan berbenturan dengan kegiatan praktek siswa. Produk dalam evaluasi implemetasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Sumpah Pemuda Jakarta Baratsudah baik dan sesuai dengan tujuan supervisi.
|