Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji: (1) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas terhadap Kinerja Guru, (2) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru, (3) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di TK se Kecamatan Tangerang, dengan sampelnya berjumlah 103 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi pengawas terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (9,997 > 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,656; (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (3,867> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,186; (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi pengawas terhadap Motivasi berprestasi Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (2,752> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,264. Dengan demikian supervisi pengawas yang baik dan motivasi berprestasi yang tinggi berimplikasi terhadap kinerja guru taman kanak-kanak.