Abstrak  Kembali
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh supervisi akademik dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan 2 Kelurahan Kalideres Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Jenis Penelitian ini adalah jenis korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hubungan atau pengaruh antar variabel dan membuat prediksi berdasarkan korelasi. Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) Penyusunan instrumen penelitian berupa angket, (2) Penentuan sampel sesuai dengan populasi yang telah ditentukan, (3) Data dikumpulkan bersifat perseptual berkaitan dengan masalah yang diteliti, (4) Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan alat statistik, (5) Kesimpulan penelitian untuk mengetahui pengaruh antar variabel dan taraf signifikansinya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disampaikan kesimpulan sebagai berikut: 1). Untuk Hipotesis Pertama adalah Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti Ada pengaruh yang nyata antara variabel Supervisi Akademik (X1) terhadap variabel kinerja guru (Y). Berdasarkan interpretasi koefisien korelasi yang telah ditentukan maka nilai r2 = 0,763 berada pada pengaruh kuat. 2). Untuk Hipotesis Kedua adalah Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti Ada pengaruh yang nyata antara variabel kompetensi pedagogik (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y). Berdasarkan interpretasi koefisien korelasi tersebut maka nilai r2 = 0,763 berada pada pengaruh kuat. 3). Untuk Hipotesis Ketiga adalah adalah Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti Ada pengaruh yang nyata antara variabel Supervisi Akademik (X1) dan variabel kompetensi pedagogik (X2) terhadap variabel kinerja guru (Y). Berdasarkan interpretasi koefisien korelasi yang telah dijelaskan sebelumnya maka nilai r2 = 0,763 berada pada pengaruh kuat.