Abstrak  Kembali
Kepuasan kerja merupakan keadaan emosional yang menyenangkan yang dihasilkan dari penilaian pekerjaan atau pengalaman kerja guru . Guru yang memiliki tingkat kepuasan kerja tinggi akan memperlihatkan prilaku kerja yang positif. Kualitas kepuasan kerja yang kondusif dapat diciptakan jika semua warga sekolah, baik itu kepala sekolah maupun guru dapat menciptakan lingkungan kualitas kehidupan kerjanya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Kepemimpinan Autentik Kepala Sekolah dan Kompensasi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK Kabupaten Bekasi. Penelitian dilakukan pada dua puluh Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Bekasi dengan melibatkan 226 Guru. Penelitian ini menggunakan penelitian survei-korelasi. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, dan teknik analisis Analisis Jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Kepemimpinan autentik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru; (2) Kompensasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru ; dan (3) Kepemimpinan autentik kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompensasi guru. Kesimpulan penelitian ini, bahwa peningkatan kepuasan kerja guru ditentukan oleh kepemimpinan autentik kepala sekolah dan kompensasi yang diterima guru, baik berupa finansial langsung, finansial tidak langsung, non finansial pekerjaan, ataupun non finansial lingkungan pekerjaan. Keautentikan kepala sekolah sangat berdampak kepada kompensasi, dikarenakan kesadaran diri, transparansi relasional, pemprosesan yang seimbang, perspektif moral internal yang dilakukan seorang kepala sekolah yang autentikpun merupakan salah satu bentuk kompensasi yang berdampak dengan peningkatan kepuasan kerja guru di Sekolah Menengah kejuruan Kabupaten Bekasi.