Penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi yang bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi bagaimana implementasi dan keberhasilan program Pramuka di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tunas Muda Islam Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Pembina Pramuka, Wali Kelas, Ketua Penerimaan Siswa Baru, Bendahara, Tata Usaha dan siswa di SDIT Tunas Muda Islam.
Hasil penelitian in adalah : 1) hasil evaluasi context pelaksanaan pramuka memiliki landasan hukum yang kuat, visi misi yang cukup jelas dan sesuai dengan kebutuhan siswa. 2) hasil evaluasi input kompetensi kepala sekolah, kriteria guru Pembina, peserta didik, pembiayaan dan sarana prasarana sudah berjalan dengan cukup meski harus ditingkatkan dalam pemihihan guru dan sarana prasarana. 3) hasil evaluasi prosess pelaksanaan pramuka, metode pengajaran dan monitoring sudah berjalan baik meskipun kepala sekolah perlu terjun langsung ke lapangan untuk melihat proses kegiatan pramuka. 4) hasil evaluasi product hasil ujian pramuka, dampak akademik dan non akademik menunjukan keberhasilan program yang dapat diliat kesesuaian hasil adanya perubahan kemadirian pada beberapa siswa.
Secara keseluruhan hasil evaluasi implementasi program Pramuka di Sekolah Dasar Islam Terpadu Tunas Muda Islam Jakarta memperlihatkan implementasi yang kurang baik tetapi layak diterima dengan berbagai catatan berdasarkan kriteria standar objektif yang ditetapkan dalam evaluasi ini.
|