Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk melihat secara langsung dan mengevaluasi portal akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SMK 1 Muhammadiyah Ciputat Tangsel apakah terdapat kesesuaian antara (1) Konteks, visi,misi dan tujuan sekolah (2) Input, kurikulum, evaluasi hasil belajar siswa, peningkatan kompetensi guru dan sarana prasarana (3) Proses, pelatihan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan portal akademik (4) Produk, hasil dan dampak dari pelaksanaan portal akademik bagi guru. Metode yang digunakan dalam tesis ini adalah kualitatif deskriptif dengan model CIPP. Temuan evaluasi didapat secara akademis menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi kepada para informan yaitu kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang kesiswaan, wakil bidang humas & sarpras, guru komputer dan guru bidang kejuruan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi portal akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SMK 1 Muhammadiyah Ciputat dikatakan sesuai dengan visi,misi dan tujuan sekolah dalam mewujudkan SDM yang unggul dan berkemajuan di bidang IPTEK berlandaskan IMTAQ dilihat dari semua guru dan siswa dapat mengaplikasikan portal akademik, maka sekolah ini dapat dikatakan memiliki mutu pendidikan yang baik sehingga menjadikan SMK 1 Muhmammadiyah Ciputat Tangsel memiliki akreditasi “B” dan memiliki citra positif karena berlandaskan IMTAQ sehingga implementasi portal akademik perlu dilanjutkan