Penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai pelaksanaan Perencanaan Berbasis
Data (PBD) dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Islam Al-Alaq, Kota Bekasi. Pendekatan evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk melihat kebijakan PBD dan keselarasan visi misi sekolah, pemetaan pendidik dan sarana prasarana, peserta didik, dan penggunaan sumber data dalam PBD, bagaimana sekolah melibatkan warga sekolah pada proses Identifikasi, Refleksi, dan Benahi, sehingga munculnya keberagaman program untuk perbaikan sekolah.
Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan metode observasi,
wawancara, serta pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi dan misi sekolah sudah sejalan dengan prinsip pengembangan karakter Islami dan pembelajaran inklusif. Sekolah menggunakan data dari Rapor Pendidikan dan survei orang tua sebagai dasar peningkatan layanan, meskipun peningkatan kompetensi guru dalam teknologi pembelajaran dan kesadaran keberagaman masih perlu diperhatikan. Proses implementasi melibatkan pemangku kepentingan melalui evaluasi rutin, menghasilkan program inovatif seperti penguatan keterlibatan orang tua dan pengembangan literasi digital siswa. Implementasi PBD telah berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan dan prestasi siswa di berbagai aspek. Implikasi dari
penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam analisis data serta perlunya pendekatan yang lebih inklusif untuk mendukung keberagaman di sekolah. Rekomendasi strategis mencakup pengembangan program toleransi dan inklusi, pelatihan lanjutan bagi guru dalam pengambilan keputusan berbasis data, serta penguatan kolaborasi dengan orang tua.
|