Tesis ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi hasil evaluasi mengenai ( konteks, input, proses dan produk) kurikulum 2013 dalam pengembangan pendidikan karakter di SDIT Bait Qur’ani dengan menggunakan model evaluasi CIPP, Yaitu Context, Input, Process dan Product. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah , meliputi menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan kepada kepala sekolah, wakil, dan guru SDIT Bait Qur’ani Hasil temuan konteks ( Context) Aspek konteks yang dievaluasi dalam visi misi sekolah dan tujuan sekolah. Visi misi sekolah dan sekolah sudah terlaksana dengan baik sesuai
dengan kebijakan pemerintah. Masukan (Input) dilihat dari beberapa aspek yaitu pendidik dan tenaga pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana. Indikator yang dapat memenuhi kriteria baik yaitu pendidik dan tenaga pendidik, peserta didik, sarana prasarana dan pembiayaan. Proses (Process) Aspek yang dievaluasi : Kegiatan pembelajaran , berupa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,penilaian peserta didik, kegiatan
ektrakulikuler dan budaya sekolah. Penilaian hasil peserta didik dari keseluruhan cukup baik. Yang perlu diperbaiki dan disempurnakan lagi yaitu proses kegiatan belajar mengajar dan pembiasaan budaya sekolah yang secara optimal. Produk (Product) Aspek yang dievaluasi yaitu prestasi akademik dan non akademik dan karakter yang perlu dikembangkan lagi pada peserta didik. Prestasi akademik dan non akademik memperoleh kejuaraan.
|