Abstrak  Kembali
Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi karena hasil evaluasi implementasi program pelatihan di Pusdiklat Setjen DPR RI belum berjalan secara maksimal. Evaluasi pelatihan yang dilaksanakan selama ini lebih banyak mengarah pada aspek reaksi peserta dan pembelajaran pelatihan saja, termasuk evaluasi dalam pelaksanaan pelatihan presentasi dengan infografis. Sehingga dibutuhkan evaluasi implementasi program pelatihan dengan alat bantu model Kirkpatrick 4 (empat) level supaya Pusdiklat Setjen DPR RI dapat mendapatkan gambaran evaluasi secara menyeluruh terhadap setiap pelatihan yang telah dilaksanakan dan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan kebijakan terkait pelatihan selanjutnya sehingga dapat dihasilkan program pelatihan yang dapat menunjang dan meningkatkan kinerja, kemampuan, sikap perilaku, dan kebermanfaatan di unit kerja masing-masing. Program pelatihan presentasi dengan infografis di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Pusdiklat Setjen DPR RI) merupakan salah satu pelatihan untuk memberikan keterampilan presentasi dengan infografis dan mengembangkan kompetensi pegawai di Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen DPR RI) dalam rangka mendukung tugas kedewanan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi pelaksanaan program pelatihan untuk mendapatkan informasi pelaksanaan program pelatihan presentasi dengan infografis. Keterbaruan pada penelitian ini terletak pada program yang diteliti, lokus atau tempat penelitian, dan aspek level yang dievaluasi dalam pelaksanaan pelatihan presentasi dengan infografis di Pusdiklat Setjen DPR RI yaitu level 3 behavior (perilaku), dan level 4 results (hasil/dampak). Sehingga proses evaluasi menjadi lebih komprehensif karena mampu melihat ketercapaian hard skill dan soft skill dengan kategorisasi yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi implementasi program pelatihan infografis di Pusdiklat Setjen DPR RI yang hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan kebijakan pengembangan kompetensi PNS di Setjen DPR RI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penjelasan terkait penggunaan model evaluasi Kirkpatrick pada tahap atau level reaksi (reaction) sebagai evaluasi implementasi program pelatihan presentasi dengan infografis yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Setjen DPR RI?; (2) Bagaimana penjelasan terkait penggunaan model evaluasi Kirkpatrick pada tahap atau level belajar (learning) sebagai evaluasi implementasi program pelatihan presentasi dengan infografis yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Setjen DPR RI?; (3) Bagaimana penjelasan terkait penggunaan model evaluasi Kirkpatrick pada tahap atau level perilaku (behavior) sebagai evaluasi implementasi program pelatihan presentasi dengan infografis yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Setjen DPR RI?; (4) Bagaimana penjelasan terkait penggunaan model evaluasi Kirkpatrick pada tahap atau level dampak (result) sebagai evaluasi implementasi program pelatihan presentasi dengan infografis yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Setjen DPR RI?