Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap budaya literasi digital guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Jakarta Selatan . 2) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap budaya literasi digital guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Jakarta Selatan dan 3) Mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) di Jakarta Selatan. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif ditujukan untuk data diskor ke bentuk angka (kuantitatif) dalam pengumpulan dan analisis datanya. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi pada penelitian ini adalah guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kecamatan Cilandak Kota Jakarta Selatan yang terdiri dari 14 madrasah. Populasi guru dalam penelitian ini sejumlah 226 guru. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu simple random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin didapatkan hasil sampel 144 guru. Pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Madrasah memiliki pengaruh langsung terhadap budaya literasi digital guru. Dari hasil pengujian diperoleh nilai koefisien pengaruh sebesar 0,715. Kompetensi pedagogik memiliki pengaruh langsung terhadap budaya literasi digital guru. Dari hasil pengujian diperoleh nilai koefisien pengaruh sebesar 0,572. kepemimpinan Kepala Madrasah memiliki pengaruh langsung terhadap kompetensi pedagogik guru. Dari hasil pengujian diperoleh nilai koefisien pengaruh sebesar 0,724.