Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan kerja guru, serta mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap komunikasi interpersonal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian berjumlah 108 orang guru yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dinyatakan oleh besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 15,05 % dengan persamaan regresi 𝑋̂ = 110.337 + 0,082X1. Dengan demikian gaya kepemimpinan kepala sekolah secara nyata memberikan kontribusi langsung positif terhadap kepuasan kerja guru. (2) Besarnya pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepuasan kerja guru dinyatakan oleh besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 6,92% dengan persamaan regresi 𝑋̂ = 91.310 + 0,203 X2. Dengan demikian komunikasi interpersonal secara nyata memberikan kontribusi langsung positif terhadap kepuasan kerja guru. (3) Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal dinyatakan oleh besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 10,43% dengan persamaan regresi 𝑋̂ = 128.446 + 0,089X1. Dengan demikian gaya kepemimpinan kepala sekolah secara nyata memberikan kontribusi secara langsung positif terhadap komunikasi interpersonal.