Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Pengaruh gaya
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Tangerang. (2) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se- Kecamatan Tangerang. (3) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap supervisi akademik guru TK Se-Kecamatan Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh guru Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Tangerang dengan sampelnya berjumlah 161 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (14.402 > 1.975) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,362. Terdapat
pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi akademik terhadap kinerja guru TK se-Kecamatan Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (10.353> 1.975) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,538. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap supervisi akademik guru TK se-Kecamatan Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (32.479> 1.975) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,932. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 ini artinya gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan supervisi akademik memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sangat kuat.
|