Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 Kecamatan Tangerang; (2) Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 Kecamatan Tangerang; (3) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap
Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 Kecamatan
Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah 150 guru yang ada di Guru Sekolah Dasar
Negeri di Gugus 4 Kecamatan Tangerang, Sampelnya berjumlah 109 guru yang
diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah
teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap efektivitas kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 Kecamatan Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (7,354 > 1,982) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,492. (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 Kecamatan Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (5,053> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,291. (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 Kecamatan Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (3,256> 1,984) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,300. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.002..
|