Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru TK Se-Kecamatan Tangerang; (2) Pengaruh iklim kerja terhadap etos kerja guru TK Se-Kecamatan Tangerang; (3) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap iklim kerja guru TK Se-Kecamatan Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 103 guru yang ada di TK se Kecamatan Tangerang, Sampelnya berjumlah 103 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru TK Se-Kecamatan Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (7.378 > 1,983) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,584. (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan iklim kerja terhadap etos kerja guru TK Se-Kecamatan Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (2.217> 1,983) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,191. (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap iklim kerja guru TK Se-Kecamatan Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (2.415> 1,983) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,141. Oleh karena itu dengan supervisi yang konsisten, dapat terjadi peningkatan produktivitas, penyempurnaan keterampilan, peningkatan motivasi dan keterlibatan, serta pengembangan karir guru. Dalam iklim kerja yang kondusif, guru akan merasa nyaman, didukung, dan dihargai, yang dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan produktivitas mereka. Dengan supervisi yang berkelanjutan, guru akan menerima bimbingan dan umpan balik secara teratur, yang dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan performa mereka.