Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menginvestigasi: (1) Pengaruh kompetensi guru terhadap efektivitas supervisi akademik guru di Gugus 5 UPT Pendidikan Dasar Cipondoh Kota Tangerang. (2) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap terhadap efektivitas supervisi akademik guru di Gugus 5 UPT Pendidikan Dasar Cipondoh Kota Tangerang. (3) Pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi berprestasi di Gugus 5 UPT Pendidikan Dasar Cipondoh Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian survey yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan kepala sekolah Dasar Gugus 5 wilayah UPT Pendidikan Dasar Cipondoh Kota Tangerang yang berjumlah 146 orang, sampelnya berjumlah 126 guru yang diambil secara acak (proporsional random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi guru terhadap efektivitas supervisi akademik di Gugus 5 UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (5,730 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,636. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,636 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya kompetensi guru dengan efektivitas supervisi akademik memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang. 2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap efektivitas supervisi akademik di Gugus 5 UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Hal ini juga dibuktikan dari hasil thitung > ttabel (2,142 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,238. Selain itu dari hasil analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,238 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Ini artinya motivasi berprestasi dengan efektivitas supervisi akademik memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah. 3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kompetensi guru terhadap motivasi berprestasi orang di Gugus 5 UPT Pendidikan Dasar Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (24,202 > 1,979) dan nilai koefesien jalur sebesar 0,908. dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. ini artinya kompetensi guru dengan motivasi berprestasi memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori lemah.