Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data empirik mengenai: pengaruh kompetensi guru dan manajemen sarana pembelajaran terhadap kinerja guru di Gugus 5 Korwil Karawaci Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survei kausal dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD di Gugus 5 Korwil Karawaci Kota Tangerang yang berjumlah 157 orang dan menggunakan rumus yang dikembangkan Slovin diperoleh 113 guru yang menjadi sampel.
Hasil dari analisis data menggunakan program SPSS versi 24 maka terdapat pengaruh langsung: 1. kompetensi guru terhadap kinerja guru di Gugus 5 Karawaci sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, 2. Manajemen sarana pembelajaran terhadap kinerja guru di Gugus 5 Karawaci sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan 3. kompetensi guru terhadap manajemen sarana pembelajaran yang berpengaruh terhadap kinerja guru di Gugus 5 Karawaci sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Implikasi dalam penelitian ini bahwa: 1. Kompetensi Guru menunjukan pengaruh terhadap Kinerja Guru di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Penting untuk meningkatkan kinerja duru dalam bentuk (a) menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu; (b) mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif melalui penelitian ilmiah dan membuat karya ilmiah dan (c) mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif, 2. Sarana Pembelajaran menunjukan pengaruh terhadap kinerja guru di Gugus 5 Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Penting untuk meningkatkan sarana prasarana untuk mendukung optimalisasi kinerja guru. 3. Kompetensi guru berpengaruh terhadap sarana pembelajaran. Penting meningkatkan kompetensi guru dengan memanfaatkan sarana pembelajaran sebagai upaya mengembangkan profesinya sebagai guru.
|