Abstrak  Kembali
Tesis ini berjudul “ Evaluasi Implementasi Program Kerja Guru Sebagai pendidik Profesional Di SD Negeri Karawaci 5 Kota Tangerang”. Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui implementasi program kerja workshop Fun Teaching, Fun Learning dan Team Building Meningkatkan Kompetensi dan Kerjasama Guru Di Lingkungan SD Negeri Karawaci 5”. Penelitian ini berlatar belakang bahwa guru merupakan pemegang tonggak keberhasilan dan mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar, namun pada kenyataannya masih terdapat bebrapa guru yang belum mempunyai kesadaran penuh untuk meningkatkan kompetensi dalam dirinya terutam kompetensin profesional. Evaluasi penelitian ini menggunakan model evaluasi Kirkpatrick dengan empat level yaitu, reaction, leraning, behavior dan result. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi juga penyebaran kuesioner kepada 34 orang guru di SDN Karawaci 5. Berdasarkan temuan penelitian, bahwa tujuan dari implementasi model evaluasi Kirkpatrick pada program Fun Teaching, Fun Learning dan Team Building Meningkatkan Kompetensi dan Kerjasama Guru Di Lingkungan SD Negeri Karawaci 5 sudah tercapai. Berdasarkan data kuisioner, maka terdapat temuan hasil evaluasi saat materi Workshop diberikan oleh para narasumber, yaitu guru yang menyatakan mengerti dan menrik sebanyak 29 orang. Sementara itu, guru yang menyatakan tidak mengerti sebanyak 5 orang. Jadi, jika disimpulkan dari data temuan tersebut hampir sebagian besar guru menyatakan bahwa materi yang disajikan oleh narasumber dalam kegiatan tersebut sangat mengerti dan menarik.