Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi: (1) Pengaruh teacher engagement terhadap kinerja adaptif guru TK se-Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. (2) Pengaruh pelatihan profesi guru terhadap kinerja adaptif guru TK se-Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. (3) Pengaruh teacher engagement terhadap pelatihan profesi guru TK se-Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey kausal dengan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di TK se-Kecamatan Cibodas Sampelnya berjumlah 102 guru yang diambil secara acak (random sampling). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan teacher engagement terhadap kinerja adaptif guru Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Cibodas. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (8,024 > 1,984). Analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,626 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya teacher engagement dengan kinerja adaptif guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori kuat. (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan Pelatihan profesi guru terhadap kinerja adaptif guru Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Cibodas. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (5,610> 1,984). Analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,489 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. ini artinya Pelatihan profesi guru dengan kinerja adaptif guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang/cukup. (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan teacher engagement terhadap Pelatihan profesi guru Taman Kanak-Kanak yang ada di Kecamatan Cibodas. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung > ttabel (4,379> 1,984). Analisis koefesien korelasi menunjukan nilai 0,401 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. ini artinya teacher engagement dengan Pelatihan profesi guru memiliki hubungan yang signifikan dan dalam kategori sedang/cukup.