Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program gerakan literasi sekolah dasar yang telah dilaksanakan selama tiga tahun di SDS Muhammadiyah jakarta 24. Penelitian latar belakang untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program di sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi . Wawancara dilakukan pada Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Ketua Tim Literasi. Evaluasi penelitian menggunakan model evaluasi CIPP (Konteks, Input, Proses, Produk) menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dan prosedur menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan model, Miles dan Huberman. Analisis data dan data banyak mengacu pada (1) lingkungan fisik dan sarana mendukung keaksaraan; kurangnya optimalisasi fungsi perpustakaan, kurangnya poster kampanye yang dibaca di ruang kelas dan koridor sekolah. Ada sudut dan baca buku. Penghargaan prestasi untuk pelajar, guru dan staf untuk berkolaborasi dan antusias dalam program keaksaraan, (3) lingkungan akademik; Ada Tim Literasi yang bekerja dengan baik, ada alokasi waktu 15 menit untuk membaca, dan ada pelatihan tentang literasi untuk guru dan staf. Temuan ini membuat rekomendasi untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan, rencana anggaran keaksaraan, bekerja dengan penerbit buku, membuat pameran karya siswa keaksaraan.