Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program gerakan literasi sekolah
dasar yang telah dilaksanakan selama tiga tahun di SDS Muhammadiyah jakarta
24. Penelitian latar belakang untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi program di sekolah tersebut.
Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan
mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi . Wawancara dilakukan pada
Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Ketua Tim Literasi.
Evaluasi penelitian menggunakan model evaluasi CIPP (Konteks, Input,
Proses, Produk) menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dan prosedur menggunakan observasi, wawancara, studi
dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan model, Miles dan
Huberman. Analisis data dan data banyak mengacu pada (1) lingkungan fisik dan
sarana mendukung keaksaraan; kurangnya optimalisasi fungsi perpustakaan,
kurangnya poster kampanye yang dibaca di ruang kelas dan koridor sekolah. Ada
sudut dan baca buku. Penghargaan prestasi untuk pelajar, guru dan staf untuk
berkolaborasi dan antusias dalam program keaksaraan, (3) lingkungan akademik;
Ada Tim Literasi yang bekerja dengan baik, ada alokasi waktu 15 menit untuk
membaca, dan ada pelatihan tentang literasi untuk guru dan staf.
Temuan ini membuat rekomendasi untuk mengoptimalkan fungsi
perpustakaan, rencana anggaran keaksaraan, bekerja dengan penerbit buku,
membuat pameran karya siswa keaksaraan.
|